Jumat, 16 Mei 2014

Rp 375 M untuk Perbaiki Trans - Kalimantan

KERUSAKAN jalan TransKalimantan segera diperbaiki setelah pemerintah pusat menyetujui dana anggaran Rp375 miliar. Dana itu dikucurkan untuk 20 proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Sehingga jelang Ramadan dan Lebaran, Balai Besar Jalan dan Jembatan Wilayah Kalimantan telah selesai memperbaiki kerusakan jalan Trans-Kalimantan.
Kepala Balai Besar Jalan dan Jembatan Wilayah Kalimantan Bastian Sinaga di Banjarmasin, Kalsel, kemarin, membenarkan dana perbaikan telah disetujui pemerintah pusat. “Pemerintah pusat telah menyetujui pencairan dana pembangunan infrastruktur yang sebelumnya sempat ditandai bintang,” jelas Bastian.

Menurut Bastian, pihaknya fokus memperbaiki kerusakan badan jalan Trans-Kalimantan poros selatan antara Kota Banjarmasin menuju Batulicin, Tanah Bumbu mencapai 60 kilometer. Di ruas itu, jalan sepanjang 5 km dalam kondisi rusak parah.

“Diharapkan, menjelang Ramadan dan Lebaran, perbaikan jalan Trans-Kalimantan Selatan akan rampung, sehingga arus mudik tidak terganggu,” ungkap Bastian. Sekretaris Daerah Kalsel Muhammad Arsyadi menyambut baik disetujuinya pencairan dana pekerjaan proyek pembangunan jalan dan jembatan di wilayahnya itu.

Kerusakan jalan di Kalsel yang bakal teratasi masih belum diikuti perbaikan infrastruktur di daerah lain. Kondisi jalan rusak masih menghiasi jalan lintas Sumatra (Jalinsum) Kabupaten Tapanuli Utara menuju Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Demikian pula kerusakan kian parah di ruas jalan Cianjur-Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Kerusakan ruas Jalinsum terparah tepatnya di Lobu Pining, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara. Jalan sepanjang 30 km lebih mirip kubangan kerbau akibat buruknya drainase. (DY/JH/BK/N-4) Media Indonesia, 08/05/2014, halaman 10