Selasa, 27 Mei 2014

Jalan Trans-Kalsel Poros Selatan Rusak

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) optimistis perbaikan jalan trans-Kalimantan di wilayah tersebut bisa selesai sebelum Lebaran nanti. Saat ini perbaikan kerusakan jalan dan jembatan di Kalsel mulai dilakukan.
Sekretaris Daerah Kalsel, M Arsyadi, membenarkan hal itu. “Tapi kami optimistis perbaikan kondisi kerusakan jalan trans-Kalimantan maupun jalan provinsi bisa selesai sebelum Lebaran,” harapnya, kemarin.

Hal senada juga dikatakan Kepala Balai Besar Jalan dan Jembatan Wilayah Kalimantan, Bastian Sinaga. Ia hanya bisa berjanji untuk mempercepat pekerjaan perbaikan kondisi kerusakan sejumlah ruas trans-Kalimantan poros selatan yang dalam beberapa bulan ini rusak.
Tercatat kerusakan badan jalan trans-Kalimantan poros selatan di Kota Banjarmasin yang menuju Batulicin, Tanah Bumbu, mencapai 60 km, dan 5 km di antaranya dalam kondisi rusak parah.

“Kita berharap arus mudik dan arus balik bisa lancar karena perbaikan kerusakan jalan selesai,” ujarnya. Di Kota Banjarmasin, sejumlah ruas jalan yang sebelumnya bergelombang dan retak-retak sudah diperbaiki. Termasuk ruas jalan yang kerap tergenang saat hujan deras mulai ditinggikan. Sebelumnya perbaikan kerusakan jalan di Kalsel itu sempat tertunda menyusul belum disetujuinya pengucuran dana untuk 20 proyek pembangunan jalan dan jembatan di wilayah tersebut dengan nilai Rp375 miliar.

Sebaliknya di Nusa Tenggara Timur, ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Kupang dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, saat ini dalam kondisi rusak parah. Camat Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Apolos Natbais mengatakan jalan sepanjang 159 km itu belum pernah diaspal. Ruas jalan tersebut masih terdiri dari tanah dan bongkahan batu berukuran besar sehingga menyulitkan pemakai jalan. “Kondisi ini diperparah saat musim hujan selalu banjir,” kata Apolos. (DY/PO/N-3) - Media Indonesia, 22/05/2014, halaman 9