Jumat, 18 April 2014

BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR Tol Samarinda - Balikpapan Kekurangan Dana

Rental Mobil Banjarmasin - Sejumlah kendala masih menghadang penyelesaian pembangunan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan, di Kalimantan Timur, yang panjangnya mencapai 99,02 kilometer. Selain kekurangan dana yang mencapai Rp4 triliun, kendala lain ialah belum rampungnya pembebasan lahan.
Dari total anggaran senilai Rp 6,3 triliun, kekurangan dananya masih mencapai Rp4 triliun.

Pemerintah daerah sudah mengucurkan dana sekitar Rp2 triliun, di antaranya untuk pembebasan lahan. Saat berada di Balikpapan, kemarin, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengakui pengucuran dana APBD untuk jalan tol tidak ada masalah.

“Pembangunan tol tidak harus selalu mengandalkan APBN. Kekurangan dana pada Jalan Tol Samarinda Balikpapan bisa saja dikucur kan dari APBN, APBD lagi atau dari pihak ketiga.“

Ia pun meminta pemda menghitung kembali kebutuhan dana. Selain itu, dihitung juga tingkat pengembali annya jika swasta diundang masuk proyek tersebut.

Jalan Tol Samarinda - Balik papan itu bakal membelah taman hutan rakyat Buki Soeharto. Proyek terbagi da lam lima paket. Paket I meng hubungkan Kilometer 13 Balikpapan hingga Samboja dengan dana Rp374 miliar Paket II Kilometer 13 Ba likpapan-Manggar Rp373 miliar, dan Paket III Samboja Palaran Rp366 miliar. Dua paket lain, yaitu Palaran Mahkota II Rp363 miliar dan Balikpapan-Sepinggan Rp373 miliar. (SY/N-2/ MEDIA INDONESIA, 12/04/2014, HAL : 12)